Buat jadi Rumah Seperti Masjid, Sambut Ramadan

Buat jadi Rumah Seperti Masjid, Sambut Ramadan

Situslapak – Ditengah-tengah epidemi virus corona (COVID-19), semua warga disarankan untuk diam di dalam rumah. Diam bukan bermakna tidak lakukan apa saja, tetapi isi pekerjaan atau kesibukan seperti umumnya di dalam rumah, seperti belajar, berdoa serta melaksanakan ibadah di dalam rumah.

Mendekati bulan suci Ramadan, figur milenial cendekiawan muslim Habib Husein Ja’far Hadar mengemukakan yang penting dilaksanakan di dalam rumah sekarang sebetulnya ialah jadikan rumah seperti masjid.

“Seperti sabda Nabi Muhammad dalam kisah Tirmidzi serta Ahmad, “Semua bumi ialah masjid, terkecuali kuburan serta kamar mandi.” Karena itu, ditengah-tengah epidemi ini serta lebih mendekati Ramadan, yang penting kita kerjakan di dalam rumah ialah jadikan rumah seperti masjid, ” tuturnya, lewat pesan singkat pada Liputan6.com, (17/4/2020).

Pria yang aktif tausiyah di YouTube Interval Menulis serta Aktivis Pergerakan Islam Cinta ini menjelaskan, kita seharusnya masih lakukan semua beribadah di dalam rumah yang biasa kita kerjakan di masjid, tidak cuma waktu Ramadan ataulah bukan.

Sholat serta doa bersama-sama

“Kita Sholat berjamaah bersama-sama keluarga, membaca Qur’an bersama-sama, zikir, bersalawat, Sholat tarawih serta witir, bukber keluarga, dan sebagainya. Hingga rumah kita benar-benar jadi surga kita. Ditambah lagi seperti firman Allah dalam QS. At-Tahrim: 6, pekerjaan penting kita ialah jaga diri serta keluarga dari api neraka.

“Hai beberapa orang yang beriman, peliharalah diri kamu serta keluargamu dari api neraka…”

Karena itu, makna epidemi ini, bila kita pandang dengan cara husnuzon (prasangka baik) ialah kita diingatkan serta dikasih waktu untuk konsentrasi membina keluarga dengan jadikan rumah kita untuk masjid pertama serta penting kita. Janganlah sampai kita memakmurkan masjid tetapi lepas atas tanggung jawab penting kita selamatkan keluarga dari api neraka, ” katanya.

“Dan, seperti hadis Nabi kisah Imam Ahmad, waktu epidemi seperti saat ini, siapa yang di dalam rumah saja dengan masih melaksanakan ibadah serta sabar, karena itu dia mendapatkan pahala seperti orang mati syahid, ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *